Cegah Merebaknya DBD, Koramil Batangan Melaksanakan Gotong-royong Bersih Lingkungan


Batangan-Guna mengantisipasi penyebaran wabah demam berdarah (DBD) di wilayah kecamatan Batangan kabupaten Pati, TNI Polri, Puskesmas bersama masyarakat desa Bulumulyo kecamatan Batangan melaksanakan gotong royong bersih lingkungan.Jumat,(28/07/2023).

Bukan pembersihan lingkungan saja, pemberantasan sarang nyamuk ( PSN ) juga dilakukan sebagai upaya pencegahan merebaknya demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Agypty.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Camat Batangan Sujono,S.H.,M.M beserta Staf, Kepala Puskesmas Batangan Ita Nurhayati, SKM.,MM., Danramil 15/Batangan diwakili Peltu Sutaji beserta 7 Anggota, Kapolsek Batangan Iptu heru Tri Asmoro Orbiyanto,S.Pd beserta 7 Anggota, Kades Bulumulyo Agus Sugiarto, Tim dari Puskesmas Batangan 9 orang serta warga masyarakat desa Bulumulyo.

Kegiatan ini merupakan upaya menjaga Kebersihan Lingkungan serta pencegahan penularan penyakit DBD.

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus dengue tipe 1-4. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus, yang sebelumnya terinfeksi virus dengue dari penderita DBD lainnya.

PSN adalah sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M Plus. 3M Plus terdiri dari :
Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah. (+) Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti : Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, Menggunakan kelambu saat tidur, Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, Menanam tanaman pengusir nyamuk, Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

"Sinergitas TNI Polri, Puskesmas bersama masyarakat hari ini adalah untuk mempelopori gerakan PSN guna mencegah DBD di wilayah kecamatan Batangan secara masif,"kata Danramil 15/Batangan melalui Bati Tuud Peltu Sutaji.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koramil 02/Juwana Dapat Surprise Dari Forkopincam Dalam Rangka HUT Ke-79 TNI

Sambangi Markas Kodim Pati, Rombongan Siswa SMPN 05 Pati Kampanyekan Hemat Air

Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0718/Pati Mulai Bongkar Sasaran RTLH