Babinsa Bogotanjung Gabus Turut Mangayubagyo Tradisi Sedekah Bumi


Gabus-Sedekah bumi merupakan salah satu kearifan lokal yang merupakan tradisi turun temurun peninggalan para sesepuh khususnya di wilayah kabupaten Pati.

Tidak terkecuali di wilayah kecamatan Gabus, tradisi sedekah bumi juga setiap tahun digelar sebagai wujud rasa syukur atas nikmat serta rejeki yang diberikan oleh sang maha pencipta.

Seperti yang dilaksanakan di desa Bogotanjung kecamatan Gabus hari kamis 15 Juni 2023, yang menggelar acara kenduri / bancaan sedekah bumi di punden mbah Rahmat desa Bogotanjung Kecamatan Gabus Kabupaten Pati.

Terlihat Serma Dadang Anggalaksana Babinsa Koramil 19/Gabus turut Mangayubagyo dengan mengikuti prosesi tradisi sedekah bumi di desa tersebut.

Dalam kegiatan kenduri/bancaan masal,  asahan/berkat dikumpulkan jadi satu kemudian dibagikan kepada peserta bancaan atau warga yang hadir.

Dari peserta yang menghadiri bancaan, ternyata bukan hanya dari desa Bogotanjung saja, melainkan juga datang dari warga desa tetangga.

"Tradisi ini merupakan warisan leluhur dengan tujuan ngalap berkah serta wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,"kata Babinsa.

"Semoga dengan tradisi ini bisa semakin menambah kekompakan, kerukunan sehingga semakin kondusif,"tandas Babinsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koramil 02/Juwana Dapat Surprise Dari Forkopincam Dalam Rangka HUT Ke-79 TNI

Sambangi Markas Kodim Pati, Rombongan Siswa SMPN 05 Pati Kampanyekan Hemat Air

Satgas TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0718/Pati Mulai Bongkar Sasaran RTLH